Implementasi Program Hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kota Jayapura

  • Siti Fatimah Universitas Yapis Papua
  • Usman Pakasi Universitas Yapis Papua
  • Elvira Usulu Universitas Yapis Papua
  • Yuliati Kala Padang Universitas Yapis Papua
Keywords: Implementasi, Program, Musrenbang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat proses dan output musyawarah perencanaan pembangunan bidang fisik sarana dan prasarana, bidang sosial budaya, bidang ekonomi dan bidang pemerintahan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualilatif di Kelurahan Trikora Distrik Jayapura Utara Kota Jayapura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik pada aspek proses maupun output untuk setiap bidang: fisik sarana dan prasarana, bidang sosial budaya, bidang ekonomi dan bidang pemerintahan berjalan sesuai dengan kesepakatan bersama pada saat musrembang. Kami menyarankan agar dilakukan peningkatan kualitas perencanaan untuk setiap bidang: fisik sarana dan prasarana, bidang sosial budaya, bidang ekonomi dan bidang pemerintahan. Kualitas perencanaan yang baik akan berdampak terhadap pembangunan masyarakat di Kelurahan Trikora Distrik Jayapura Utara Kota Jayapura.

References

Azhar, F. (2015). Partisipasi masyarakat dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) di Kelurahan Pegirian Kecamatan Semampir Kota Surabaya. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, 3(2).

Basri, H., Budi, H., & Teniro, A. (2022). Partisipasi Masyarakat Dalam Merumuskan Kebijakan Pada Musrenbang Kampung. Jurnal Kebijakan Publik, 13(1), 25-32.

Farid, M., & Fithriana, N. (2016). Implementasi Kebijakan Musyawarah Erencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Sumenep. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), 5(2).

Manghayu, A. (2018). Perencanaan pembangunan partisipatif dalam penerapan e-musrenbang. Jurnal Manajemen Pembangunan, 5(5), 95-115.

Mewengkang, A. J., Singkoh, F., & Sampe, S. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Tompaso Kabupaten Minahasa Tahun 2016. Governance, 1(2).

Muhtadi, T. Y. (2021). Pendampingan Masyarakat Sebagai Fasilitator Dalam Memandu Kegiatan Musrenbang Tingkat Kelurahan. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 342-348.

Paselle, E. (2017). Perencanaan Pembangunan Partisipatif: Studi Tentang Efektivitas Musrenbang Kec. Muara Badak Kab. Kutai Kartanegara. Jurnal Paradigma (JP), 2(1), 10-25.

Salangka, W. P. (2020). Partisipasi masyarakat dalam musrenbang di desa malola kecamatan kumelembuai kabupaten minahasa selatan. Politico: Jurnal Ilmu Politik, 9(3).

Sulaiman, A. I., Lubis, D. P., Susanto, D., & Purnaningsih, N. (2015). Komunikasi Stakeholder dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 31(2), 367-378.

Yunas, N. S. (2017). Efektivitas E-Musrenbang di Kota Surabaya dalam Sistem Perencanaan Pembangunan Berparadigma Masyarakat. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 7(1), 19-27.

Published
2023-05-08