Aspek Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Terhadap Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Desa Muntoi

  • Hairil Akbar Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika
  • Sarman Sarman Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika
  • Antonius Adolf Gebang Universitas Nusa Nipa Maumere
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Pengelolaan sampah

Abstract

Masalah sampah menjadi masalah lingkungan yang mendapat perhatian khusus dari berbagai pihak. Hal ini dikarenakan jumlah timbunan sampah terus meningkat. Jumlah peningkatan timbunan sampah di Indonesia pada tahun 2015 telah mencapai 175.000 ton/hari atau setara 64 juta ton/tahun. Pengelolaan sampah rumah tangga yang ada di Desa Muntoi adalah langsung di buang lahan kosong, selokan dan samping rumah, padahal membuang sampah bukan pada tempat pembuangan sementara (TPS) dapat memberikan dampak negatif dari segi kesehatan maupun estetika lingkungan masyarakat, serta tidak adanya sarana dan prasarana yang memadai untuk penampungan sampah rumah tangga. Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan pengetahuan dan sikap masyarakat terhadap pengelolaan sampah rumah tangga di Desa Muntoi. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional, dengan jumlah sampel 94 responden yang dipilih secara simple random sampling. Data di analisis menggunakan uji Chi-square. Hasil penelitian bahwa pengetahuan (p=0,001) dan sikap (p=0,037) masyarakat berhubungan dengan pengelolaan sampah rumah tangga di Desa Muntoi Kabupaten Bolaang Mongondow. Diharapkan masyarakat untuk aktif melaksanakan kebersihan lingkungan disekitarnya agar terhindar dari masalah penyakit yang disebabkan oleh sampah yang tidak diolah dengan baik.

References

Akbar, H. 2019, Determinan Epidemiologis Kejadian Diare Pada Anak Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Juntinyuat. Jurnal Ilmiah Keperawatan Stikes Hang Tuah Surbaya, 13(2), 91–101.

Akbar, H. 2020, Hubungan Karakteristik Ibu terhadap Praktik Keluarga Sehat (Studi Kasus di Desa Muntoi Kabupaten Bolaang Mongondow). Jurnal Info Kesehatan, 10(1), 214–218.

Buol, R. A. 2019, Tiap Hari, Bolmong Produksi 174 Ton Sampah. Zonautara.Com.

Luluk, M. 2019, Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Dengan Perilaku Pengelolaan Sampah pada Ibu Rumah Tangga di Desa Gisik Cemandi Sidoarjo. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.

Mukono, H. 2006, Prinsip Dasar Kesehatan Lingkungan Edisi Kedua. Airlangga University Press.

Ririn Setyowati, S. A. M. 2013, Pengetahuan dan Perilaku Ibu Rumah Tangga dalam Pengelolaan Sampah Plastik. Kesmas, Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasiona, 7(12).

Sahil, J., Henie, M., Al, I., Rohman, F., & Syamsuri, I. 2016, Sistem Pengelolaan dan Upaya Penanggulangan Sampah Di Kelurahan Dufa- Dufa Kota Ternate. Jurnal BIOeduKASI, 4(2), 478–487.

Sangga Saputra N.A, S. A. M. 2017, Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Pengelolaan Sampah pada Karyawan di Kampus. Kes Mas: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(1), 22–27.

Susanto, R., M, N. L., & Pahroni, R. 2010, Hubungan Pengetahuan Terhadap Pengelolaan Sampah Organik dan Non Organik Pada Masyarakat RW 03 Sumbersari Malang. Jurnal Keperawatan, 1(1), 32–38.

Syam, D. M. 2016, Hubungan Pengetahuan dan Sikap Masyarakat Dengan Pengelolaan Sampah di Desa Loli Tasiburi Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala. HIGIENE, 2(1).

Triana, Srisantyorini, F. K. N. 2018, Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Ibu Rumah Tangga Terhadap. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 14(2), 65–73.
Published
2021-02-04