Perancangan Sistem E-Office Kantor Wali Nagari Sungai Buluh Selatan

  • Muhammad Iqbal Universitas Negeri Padang
  • Geovanne Farell Universitas Negeri Padang
Keywords: Teknologi Informasi, Sistem Informasi Surat-menuyurat,Pelaporan,Perekapan

Abstract

Kantor Wali Nagari Sungai Buluh Selatan merupakan kantor Wali Nagari yang terletak di daerah Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat. Kantor Wali Nagari ini bergerak pada bidang pelayanan penduduk dalam pembuatan surat menyurat, seperti : surat DUKCAPIL, surat pernyataan, surat domisili, dan surat keterangan  sesuai dengan keinginan warga, seiring berjalannya perkembangan jaman Kantor Wali Nagari Sungai Buluh Selatan mencetak surat dan melakukan pendataan penduduk dalam skala besar, sehingga menghambat dan menyulitkan proses perekapan surat serta nomor kop surat dan pendataan penduduk yang masih direkap secara manual. Sehingga membuat pegawai kantor Wali Nagari sulit untuk mencari nomor kop surat yang akan digunakan karena jumlah surat yang juga terhitung sangat banyak. Proses pembuatan surat juga masih menggunakan Microsoft Word, meskipun sudah menggunakan teknologi komputer tetapi itu masih membuat pegawai sulit dikarenakan harus mengetikan isi surat tersebut secara manual. Proses pelaporan operasional tahunan maupun bulanan juga masih dilakukan secara manual. Sehingga pegawai Nagari harus merekap dan menghitung jumlah surat yang masuk maupun keluar. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem informasi administrasi E-Office Wali Nagari Sungai Buluh Selatan yang dapat membantu merekap semua nomor surat dan mencetak dokumen administrasi serta sebuah fitur pelaporan yang lengkap sehingga memudahkan kinerja dari kantor Nagari tersebut sendiri.

Author Biography

Geovanne Farell, Universitas Negeri Padang

Teknologi Informasi

References

Abdul. 2013. Buku Pintar Programmer Pemula PHP Perencanaan dan Pembangunan Sistem Informasi. Yogyakarta : Mediakom.

Hermawan. 2017. “Sistem Informasi Pelayanan Surat Desa.” Skripsi tidak diterbitkan. FT-UMY.

McLeod, Raymond dan Schell, George P. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.Raharjo, Budi. (2011). Membuat Database Menggunakan MySQL. Bandung: Informatika Bandung.

Salahudin,Rosa. 2011. Perancangan Sistem Informasi Manajemen berbasis website dinamis, Jakarta: Informatika

Sidik, Betha. (2012). Framework Codeigniter. Bandung: Informatika Bandung. Wahana Komputer. (2010). Panduan Belajar MySQL Database Server. Jakarta: Mediakita.

Wardana. (2010). Menjadi Master PHP dengan Framework Codeigniter. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Published
2021-07-23