PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAGING SAPI BERBASIS WEB PADA UD. SAKINAH

  • Yeti Kule Amik Luwuk Banggai
  • Sukarno Abby AMIK Luwuk Banggai
  • Supriyadi La Wungo
  • Jeffry Jeffry Universitas Pancasakti Makassar
  • Nipsa Asdiana Supak Amik Luwuk Banggai
Keywords: sistem, informasi

Abstract

Sistem Informasi Penjualan Daging sapi pada UD. Sakinah berbasis web, dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL yang bertujuan untuk membantu usaha tersebut dalam proses transaksi penjualan serta untuk penyusunan laporan penjualan. Metode Penelitian yang digunakan penulis dalam penyusunan Karya Tulis Minor (KTM) yaitu Metode Observasi (Pengamatan Langsung), Metode Interview (Wawancara), Metode Kepustakaan. Metode Observasi (Pengamatan Langsung) adalah metode pengumpulan data yang dilakukan secara langsung dengan cara mengamati dan mempelajari masalah-masalah yang ada pada UD. Sakinah. Metode Kepustakaan adalah metode pengumpulan data dengan cara membaca buku-buku  yang berkaitan dengan Sistem Informasi Penjualan Daging Sapi Pada UD. Sakinah yang diangkat sebagai judul dalam tugas akhir ini. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, proses transaksi penjualan pada UD. Sakinah masih banyak kesalahan dalam pencatatan maupun proses penyusunan laporan penjualannya. Sehingga dibuatlah sistem informasi penjualan ini untuk membantu pemilik dan kasir dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL yang terintegrasi dengan database

References

Apriana, V., & Nurhasanah, U. (2021). Implementasi Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web. Artikel Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi, 1(2), 106–111.

Hidayat, M., & Baihaqy, M. A. M. (2021). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada RM Sinar Minang. SATESI: Jurnal Sains Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 21–25.

Khotijah, S. (2016). Perancangan Database E-Learning Manajemen System untuk Pembelajaran pada Sekolah Menengah Pertama. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 1(1).

Luckyardi, S., Saputra, H., Safitri, N., Cahyaningrum, A., Septiani, D., & Hidayat, R. (2021). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Busana Muslim Berbasis WeB. IJIS-Indonesian Journal On Information System, 6(2).

Pressman, R. S. (2012). Rekayasa perangkat lunak.

Putra, D. F. D., & Sopian, A. (2021). PENERAPAN METODE PIECES PADA PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB PT VALLERY. JRIS: Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma, 1(2), 7–11.

Risma, N., Nur, S., & Komarudin, K. (2021). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING PADA PT. DAE DUCK TEXTILE. Jurnal Computech & Bisnis, 15(2), 78–87.

Sari, F. M., & Arfian, A. (2021). Sistem informasi penjualan ikan cupang berbasis web di Cals. Bettaqueens Jakarta Pusat. JURNAL WIDYA, 2(2), 204–209.

Sekar Juliani, A. (2021). Penerapan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada PT Dayklin Indonesia Sejahtera.

Siringoringo, D. Y., Sihombing, V., & Masrizal, M. (2021). Sistem Informasi Penjualan Dan Persediaan Produk Peralatan Pertanian Berbasis Web. Jurnal Tekinkom (Teknik Informasi Dan Komputer), 4(1), 54–59.

Published
2022-01-29