Strategi Penanggulangan Bencana Banjir di Kabupaten Sidoarjo

  • Fadila Rahcmawati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ilmi Usrotin Choiriyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Implementasi, Penanggulangan Bencana, Strategi Pemerintah

Abstract

Penanggulangan bencana adalah keharusan pemerintah daerah yang merupakan pemiimpin di daerahnya. Demi melakukan antisipasi supaya tidak menyebabkan terjadinya kerugian materiil diperlukan adanya kegiatan pencegahan sejak dini dari pemerintah daerah dan masyarakat sekitar. Hal ini dikarenakan pemerintah dan masyarakat memiliki andil penting dalam menghadapai bencana yang terjadi yang mana memerlukan antisipasi dari permerintah dan warga desa setempat supaya tidak mengakibatkan kerugian materiil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Strategi Penanggulangan Bencana Banjir di Desa Kedungbanteng Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo.Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif menggunakan teknik pengumpulan datanya ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk penentuan informannya, penulis purposive sampling. Strategi yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Kedungbanteng ada 4 (empat) yakni, Strategi bantuan BPBD, Strategi pemasangan pompa,Strategi pengajuan rumah pompa ke Dinas Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, dan Strategi kerja bakti.  Penelitian ini memiliki hasil bahwa implementasi Strategi Penanggulangan Bencana Banjir Di Desa Kedungbanteng Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo adalah belum maksimal karena di Desa Kedungbanteng masih mengalami kebanjiran,Keterbatasan anggaran, kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan.

References

Aulia, C., & Meiwanda, G. (2022). Strategi Penanggulangan Bencana Banjir Oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok Sumatera Barat. Journal of Research and Development on Public Policy, 1(3), 35-44. https://doi.org/10.58684/jarvic.v1i3.23

Ellise, N., Rifai, M., & Marsingga, P. (2022). Strategi Pemerintah Kota Bekasi Dalam Penanganan Keterbatasan Lahan Pemakaman Di TPU Perwira Kota Bekasi. Jurnal Pemerintahan dan Politik, 7(3).

Fitriyah, L., Soenarjanto, B., & Puspitaningtyas, A. (2022, August). Strategi Mitigasi Banjir Wilayah Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. In Seminar Nasional Hasil Skripsi (Vol. 1, No. 01, pp. 131-135).

Saputra, N. G., Rifai, M., & Marsingga, P. (2021). Strategi penanggulangan bencana banjir kabupaten karawang di desa karangligar sebagai desa tangguh bencana. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 8(1), 62-76.

Heryati, S. (2020). Peran Pemerintah Daerah Dalam Penanggulangan Bencana. Jurnal Pemerintahan Dan Keamanan Publik (JP Dan KP), 139-146.

Mahardika, B., Kurniansyah, D., & Adiarsa, S. R. (2022). Manajamen Strategi Badan Penanggulangan Bencana Daerah dalam Penanganan Banjir di Desa Wanajaya Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(2), 119-130.

Dio, M. (2018). Manajemen Bencana Oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Bpbd) Dalam Menanggulangi Banjir Di Kota Semarang (Doctoral dissertation, Diponegoro University).

Masdrian, I. (2022). Efisiensi Perencanaan Anggaran Di Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung Tahun Anggaran 2019-2021. Ministrate: Jurnal Birokrasi dan Pemerintahan Daerah, 4(2), 1-17.

Metuak, N., Nayoan, H., & Sumampow, I. (2022). Strategi Pemerintah dalam Penanggulangan Banjir (Studi di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Manado). GOVERNANCE, 2(2).

Putri, S. S., Purnamsari, H., & Azizah, A. N. (2021). Manajemen Strategi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Dalam Penanggulangan Banjir Di Kabupaten Bekasi. JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik), 9(2), 164-177.

Ramadhan, A. G., Handayani, H. H., & Darminto, M. R. (2022). Analisis Peta Rawan Banjir Metode Pembobotan dan Peta Genangan Banjir Metode NDWI terhadap Kejadian Banjir (Studi Kasus: Kabupaten Sidoarjo). Geoid, 17(2), 232-244.

Rasmiani, R., Mappamiring, M., & Abdi, A. (2021). Strategi Disaster Risk Manajement Pada Bencana Banjir Di Kabupaten Wajo. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 2(5), 1781-1797.

Ningrum, A. S., & Ginting, K. B. (2020). Strategi penanganan banjir berbasis mitigasi bencana pada kawasan rawan bencana banjir di Daerah Aliran Sungai Seulalah Kota Langsa. GEOSEE, 1(1).

Siahaan, N. D. N., & Sadad, A. (2022). Implementasi Strategi Dinas Ketahanan Pangan Di Kota Pekanbaru. Cross-border, 5(2), 1262-1270.

Sunarya, D., & Sutoyo, E. (2023). Strategi Penanganan Banjir Di Kampung Babakan Bandung Desa Leuwisadeng Kecamatan Leuwisadeng. Sinkron: Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya, 1(1), 40-45.

Published
2024-05-15