Kinerja Pelayanan E-KTP di Distrik Jayapura Selatan Kota Jayapura

  • Siti Fatimah Universitas Yapis Papua
  • Yulia Kala' Padang Universitas Yapis Papua
  • La Juli Universitas Yapis Papua
Keywords: Kinerja, Pelayanan, E-KTP

Abstract

Distrik Jayapura Selatan merupakan instansi pemerintah yang bertugas dalam melakukan perekaman data e-KTP bagi masyarakat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya permasalahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya pada pelayanan perekaman e-KTP. Berbagai permasalahan yan terjadi diantaranya prosedur pelayanan dan waktu pembuatan e-KTP yang kurang jelas. Selain itu, kadang terjadi kesalahan dalam penginputan data. Sehingga menimbulkan banyak keluhan dari masyarakat. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kinerja pelayanan e-KTP di Distrik Jayapura Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pembagian kuesioner kepada 3 responden yaitu:   pihak pemerintah distrik, petugas perekaman, dan masyarakat yang telah melakukan perekaman e-KTP. Olah data yang dilakukan menggunakan kuisuner. Hasil penelitian ini menunjukkan kinerja pelayanan e-KTP di Distrik Jayapura Selatan Kota Jayapura dapat dikatakan baik, dilihat dari 3 fokus yaitu Prosedur Pelayanan, Waktu Pelayanan, dan Fasilitas/Sarana dan Prasana. Namun penerapan masih dianggap kurang baik bagi sebagian masyarakat utamanya dari kejelasan alur pelayanan dan waktu perekaman data e-KTP.

References

Ahmad Crusade Giri Brata, B. (2014). Analisis Konsep Notaris Mayantara Dan Otentisitas Aktanya Terkait Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan TERBATAS (Doctoral dissertation, UNDIP).

Atkinson, R. L., Atkinson, R. C., Barhana, R., Hilgard, E. R., & Taufiq, N. (1987). Pengantar psikologi. Erlangga, Jakarta.

Bintoro, D., & Daryanto, D. (2017). Manajemen penilaian kinerja karyawan. Yogyakarta: Gava Media, 15.

Dwiyanto, A. (2021). Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. Ugm Press.

Fattah, H. (2017). Kepuasan kerja dan kinerja pegawai. Yogyakarta: Elmatera.

Hamzah, B. & Lamatenggo, N. (2012). Teori Kinerja Dan Pengukurannya. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Hadiwijoyo, S. S., & Anisa, F. D. (2021). Pelayanan Publik Berbasis Regional Complex Analysis. PT. Rajagrafindo Persada.

Haryono, E., Slamet, M., & Septian, D. (2023). Statistika spss 28.

Jalaludin, R. (2009). Psikologi Komunikasi. bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Kartono, K. (2010). Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu?.

Kurniawan, A. (2005). Transformasi pelayanan publik. Pembaruan.

Kirom, B. (2021). Mengukur kinerja pelayanan dan kepuasan konsumen.

Lukman, Sampara. 2011. Manajemen Kualitas pelayanan, Jakarta. STIA LAN press.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif.

Leavitt, H. J., & Zarkasi, M. (1992). Psikologi manajemen: sebuah pengantar bagi individu, dan kelompok di dalam organisasi. Penerbit Erlangga.

Rismawati, S. E., & Mattalata, S. E. (2018). Evaluasi Kinerja: Penilaian Kinerja Atas Dasar Prestasi Kerja Berorientasi Kedepan (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.

Sutrisno, E., Fatoni, A., & Nawawi, H. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Kencana Prenada Media Group. Jakarta

Utara, A. B. M. P. M. Azwar, Saifuddin. 2007. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar: Yogyakarta. Badan Pusat Statistik Kota Jakarta Timur. 2019 Darmanto. 2013. Manusia & Lingkungan. Jurnal. Vol 20. No 2. Yogyakarta Depkes, RI. 1985. Farmakope Indonesia. Jakarta: Ditjen POM. Depkes, RI. 1993. Pengawasan Kualitas Air. Jakarta: Ditjen PPM PLP. Immunity, 62, 4153-415.

Published
2024-05-27