Inovasi Pelayanan Publik Lukadesi (Keluarga Berduka Desa Siaga) di Sleman D.I. Yogyakarta

  • Hendy Setiawan Universitas Gadjah Mada
Keywords: innovation; lukadesi; public services

Abstract

Inovasi pelayanan publik Lukadesi diciptakan agar masyarakat sadar administrasi kependudukan. Hal ini dikarenakan ketika terjadi peristiwa kematian masyarakat enggan melaporkan ke pihak terkait sehingga data kependudukan yang ada di database tidak sesuai dengan jumlah masyarakat di lapangan. Akibatnya data yang dimiliki oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman kurang akurat. Selain itu inovasi Lukadesi ditujukan untuk meringankan masyarakat yang mengalami peristiwa kematian, karena surat kutipan akta kematian dapat terbit sebelum jenazah disemayamkan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis inovasi lukadesi di Kabupaten Sleman dengan teori atribut inovasi meliputi: keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan dicoba, dan kemudahan diamati. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi. Hasil menunjukkan inovasi Lukadesi menjadi layanan unggulan desa yang dibentuk pada pertengahan 2017 dan sampai saat ini sudah 83 desa dari 86 desa yang ada di Kabupaten Sleman menjadi peserta Lukadesi. Inovasi ini mampu menumbuhkan kesadaran administrasi kematian masyarakat di Kabupaten Sleman yang mencapai 80% lebih, sehingga data yang ada pada database kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil lebih akurat dibandingkan sebelum adanya inovasi Lukadesi.

References

Ariyani, O. P. (2020). Inovasi Pelayanan Publik Suroboyo Bis di Kota Surabaya. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 5(1), 23-30.

Choiriyah, I. U., & Chabibi, M. Y. (2020). Keuntungan Relatif dalam Inovasi Pelayanan Pengaduan Kerusakan Jalan Melalui Aplikasi M-Bonk. JKMP (Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik), 6(2), 149-153.

Djamrut, D. E. (2015). Inovasi Pelayanan Publik Di Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda. Universitas Mulawarman, Samarinda. Hal, 1472-1486.

Dwidowidjoto, R, N. (2004). Kebijakan Publik: formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Fitriana, D. N. (2014). Inovasi Pelayanan Publik BUMN (Studi Deskriptif tentang Inovasi Boarding Pass System dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kereta Api PT KAI di Stasiun Gubeng Surabaya).

Hisbani, N. A., Karim, M., & Malik, I. (2017). Penerapan Inovasi Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Enrekang. Kolaborasi Jurnal Administrasi Publik, 1(3).

Jati, W. R. (2012). Inovasi Pelayanan Publik Setengah Hati Studi Pelayanan Publik di SAMSAT Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 15(1), 68-78.

Masdy, N.A., Haerani, Siti., Alam, A.S. (2017). Peran Pemerintah Daerah Terhadap Pemberdayaan Pemuda Dalam Pengembangan Sektor Pariwisata Di Kabupaten Barru (Pantai Ujung Batu). Jurnal Analisis Seri-seri Ilmu Sosial, 6(1), 84-91.

Nurmandi, A. (2010). Manajemen Pelayanan Publik. Sinergi Publishing.

Putra, A., Usman, J., & Abdi, A. (2018). Inovasi Pelayanan Publik Bidang Kesehatan Berbasis Home Care Di Kota Makassar. Kolaborasi Jurnal Administrasi Publik, 3(3), 294-309.

Pratiwi, M., & Syukur, A. T. (2018). Inovasi Pelayanan Publik studi Kasus “Motor Pelayanan Lorong Ta” Pada Kantor Kecamatan Rappocii Makassar. Jurnal Administrasi Negara, 24(3), 139-148.

Risna, R., & Sundari, M. (2018). Pelaksanaan Pelayanan Publik (Studi Kasus Pelayanan Administratif di Kantor Desa Kotabaru Seberida Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 5(1), 1-10.

Suwarno, Y. (2008). Inovasi di Sektor Publik. STIA-LAN, Jakarta.

Wibowo, I. T. (2019). Proses Difusi Inovasi Program Sakti (Studi Kasus Proses Difusi Inovasi Program Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) Ditjen Perbendaharaan di DI Yogyakarta Tahun 2018). Indonesian Treasury Review: Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara dan Kebijakan Publik, 4(4), 323-337.

Wulandari, Dewi., Unde, A. Alimuddin., Fatima, Jeanny Maria. (2017). Kemampuan Adaptasi Integrasi Pedagang Jawa Dengan Pedagang Lokal Pasar Tradisional Di Kota Makassar. Jurnal Analisis Seri-seri Ilmu Sosial, 6(1), 65-71.

Permenpan Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Inovasi Pelayanan Publik

UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah

UU Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

https://depokkec.slemankab.go.id/penyerahan-akta-kematian-program-lukadesi.slm

https://dukcapil.slemankab.go.id/lukadesi-untuk-masyarakat-sleman.slm

https://kalsel.antaranews.com/berita/128235/batola-pelajari-pelayanan-lukadesi-sleman

https://ngemplakkec.slemankab.go.id/dinas-dukcapil-sleman-siap-laksanakan-program-luka-desi/

https://v7.baritokualakab.go.id/?p=7069

https://www.suaramerdeka.com/news/baca/125334/pembuatan-akta-kelahiran-dan-kematian-dipermudah

http://infopublik.id/kategori/nusantara/295877/sleman-dukung-gerakan-indonesia-sadar-administrasi?show=

Wawancara

Lestari, Mayawati Jati. (2019). Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman, 23 November 2019

Suryanto. (2019). Kepala Dukuh Ngawen Godean Sleman, 25 November 2019

Nurhayati, Krismi. (2019). Kasi Pemerintahan Umum Desa Sidokarto, 25 November 2019

Ikhsanditya, Fariza. (2019). Ketua Pemuda Sidokarto, 29 November 2019

Prasetyo, Rahmad. (2019). 30 November 2019

Setiawan, Arip. (2019). 30 November 2019

Cahyadi, Wachid Nur. (2019). 30 November 2019

Published
2021-05-21