Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Kampanye dan Partisipasi Digital dalam Pilkada Kota Depok Tahun 2020

  • Wildhan Khalyubi Universitas Indonesia
  • Christian Deswinta Bangun Universitas Indonesia
  • Fikri Ardiyansyah Universitas Indonesia
  • Muhammad Rifqi Romadhona Universitas Pertahanan
Keywords: Media Sosial, Partisipasi Digital, Pilkada Serentak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan fenomena politik kampanye dan bentuk partisipasi digital melalui penggunaan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram pada penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020. Penelitian ini berfokus di Kota Depok dengan melihat media sosial masing-masing pasangan calon Pilkada Kota Depok 2020 yakni antara Pradi-Afifah dan Idris-Imam. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan yang melibatkan isu kampanye di media sosial beserta bentuk partisipasi digital. Beberapa data dalam penelitian ini diperoleh dari temuan pemantauan mengenai kampanye pasangan calon melalui narasi percakapan di media sosial pada tahapan kampanye Pilkada Kota Depok Tahun 2020. Narasi di media sosial diperoleh menggunakan Social Network Analysis (SNA) terutama pada media sosial Facebook dan Twitter. Sementara pada media sosial Instagram dilakukan dengan cara melihat postingan dan percakapan kampanye secara manual di setiap minggunya. Pandangan Dan Nimmo mengenai kampanye dipilih dan didukung dengan pandangan Zúñiga et al. mengenai partisipasi politik secara digital bagi kedua pasangan calon. Temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa dalam penggunaan media sosial, setiap pasangan calon memiliki preferensi isu kampanye yang berbeda-beda. Kendati pasangan calon memiliki isu kampanye yang dominan serta partisipasi digital yang begitu tinggi, hal tersebut tidak serta merta menjadi faktor determinan dalam memenangkan kontestasi Pilkada Kota Depok 2020.

References

Alihodžić, S. (Ed.). (2016). Risk Management In Election. International Institute for Democracy and Electoral Assistance (International IDEA).

Andriadi, F. (2017). Partisipasi Politik Virtual. RMBOOKS.

Baroya, A. (2020). “Pilkada Bersyarat” Pilkada di Tengah Pandemi. In S. Munawar (Ed.), Pilkada di Masa Pandemi (pp. 10–18). Penerbit Lingkaran.

Budiardjo, M. (2008). Dasar-Dasar Ilmu Politik Edisi Revisi (Edisi Revi). Gramedia Pustaka Utama.

Chester, J., & Montgomery, K. C. (2017). The Role of Digital Marketing in Political Campaigns. Internet Policy Review, 6(4), 1–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.14763/2017.4.773

Chilcote, R. H. (2016). Teori Perbandingan Politik. PT RajaGrafindo Persada.

Cosmopolitan. (2020). 4 Media Sosial yang Paling Sering Digunakan Warga Indonesia. Cosmopolitan.Co.Id. https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/6/2020/20831/4-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-warga-indonesia

Creswell, J. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. PUSTAKA PELAJAR.

Diana, S. N. (2017). Identifikasi Pengguna Media Sosial yang Berpengaruh Berdasarkan Graph dengan Metode Social Network Analysis.

Hagar, D. (2014). Campaigning Online: Social Media in the 2010 Niagara Municipal Elections. Canadian Journal of Urban Research, 23(1), 23(1), 74–98.

Jansen, M. J. (2017). Social Media and Political Campaigning: Changing Terms of Engagement? The International Journal of Press/Politics, 22(1), 23–42. https://doi.org/10.1177/1940161216673196

Jungherr, A. (2016). Four Functions of Digital Tools in Election Campaigns: The German Case. The International Journal of Press/Politics, 21(3), 358–377. https://doi.org/10.1177/1940161216642597

Kholid, A., & Nurmandi, A. (2015). Media Sosial dan Partisipasi Politik Mahasiswa selama Masa Pemilihan Presiden 2014. Jurnal Ilmu Pemerintahan & Kebijakan, 2(1), 2015. http://dx.doi.org/10.18196/%0Ajgpp.2015.0025

Kim, S. C. (2020). South Korea’s 2020 Election Amid COVID-19. East Asian Policy, 12(03), 49–62.

Kompas. (2020). KPU Terima Surat Tugas dari Gugus Tugas Covid-19: Tahapan Pilkada Boleh Dilanjutkan. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2020/05/27/16444041/kpu-terima-surat-dari-gugus-tugas-covid-19-tahapan-pilkada-boleh-dilanjutkan?page=all

Kumparan. (2020). Pemerintah-DPR-KPU Sepakat Pilkada Serentak Tetap Desember 2020. Kumparan.Com. https://kumparan.com/kumparannews/pemerintah-dpr-kpu-sepakat-pilkada-serentak-tetap-desember-2020-1tUr0UKo0t2/full

Lee, S. H. (2017). Digital Democracy in Asia The Impact of the Asian Internet on Political Participation. Journal of Information Technology & Politics, 14(1), 62–82. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/19331681.2016.1214095

Lilleker, D. G., & Koc-Michalska, K. (2017). What Drives Political Participation? Motivations and Mobilization in a Digital Age. Political Communication, 34(1), 21–43.

Megapolitan Kompas. (2020). Idris-Imam Janji Keluarkan Kartu Depok Sejahtera di Akhir Debat Pilkada, Apa Itu? Kompas.Com. https://megapolitan.kompas.com/read/2020/11/22/17581591/idris-imam-janji-keluarkan-kartu-depok-sejahtera-di-akhir-debat-pilkada?page=all

Megapolitan Kompas. (2021). KPU Depok Tetapkan Idris-Imam Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih. Kompas.Com. https://megapolitan.kompas.com/read/2021/01/21/14332041/kpu-depok-tetapkan-idris-imam-wali-kota-dan-wakil-wali-kota-terpilih

Nimmo, D. (2010). Komunikasi Politik (5th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Paisley, W. J., & Rice, R. E. (1981). Public Communication Campaigns. Sage Publications.

Permana, D. S. (2020). Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok Tahun 2020 (Evaluasi, Progress, dan Potensi Pelanggaran). Sharing Bareng KISP.

Purbolaksono, A. (2021). Menimbang Manajemen Risiko Penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024.

Ristyastuti, M. P., & Rofii, M. S. (2021). Analisis Naratif Kebijakan Penyelenggaraan Pilkada Saat Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(2), 47–53.

RNZ. (2020). How Singapore Carried Out Its Covid-19 Election. Rnz.Co.Nz. https://www.rnz.co.nz/programmes/the-detail/story/2018760358/how-singapore-carried-out-its-covid-19-election

Roger, E. M., & Storey, J. D. (1987). Communication Campaign. In C. R. Berger & S. H. Chaffee (Eds.), Handbook of Communication Science. Sage.

Rusnaedy, Z., & Purwaningsih, T. (2018). Keluarga Politik Yasin Limpo Pada Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Gowa Tahun 2015. Jurnal Politik, 3(2), 301-322. https://doi.org/10.7454/jp.v3i2.116

Sakbani, Y. (2020). Urgensi Manajemen Risiko Pemilu pada Pilkada 2020 di Tengah Pandemi Covid 19 (Studi Perlindungan Hak Pilih Warga Masyarakat). Jurnal Wacana Politik, 5(2), 124–135.

Surbakti, R. (2010). Memahami Ilmu Politik. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Theocharis, Y. (2015). The Conceptualization of Digitally Networked Participation. Social Media+Society, 1(2), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/2056305115610140

Vaccari, C., Valeriani, A., & Barberá, P. (2013). Social Media and Political Communication: A survey of Twitter Users During the 2013 Italian General Election. Rivista Italiana Di Scienza Politica, 43(3), 325–355.

Published
2021-11-15