Efektifitas Pelayanan Terintegrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Ambon

  • Rahmad Rahmad Universitas Pattimura
  • Wahab Tuanaya Universitas Pattimura
  • Mike. J. Rolebessy Universitas Pattimura
  • Hendry Selanno Universitas Pattimura
Keywords: Efektivitas, Pelayanan, Terintegrasi, Kependudukan

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Ambon, yang menggunakan informan sebagai narasumber, dengan empat fokus dan dekripsi fokus: 1) sumber daya, dana, sarana dan prasarana, 2) jumlah dan mutu pelayanan jasa yang diberikan, 3) batas waktu dalam menyelesaikan pekerjaan, dan 4) tata cara yang ditempuh untuk menyelesaikan tugas. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Ambon secara intens memperhatikan batas waktu dalam menyelesaikan pekerjaan, yang terkait dengan pelayanan administrasi kependudukan yang efektif dan integratif, dalam proses pembuatan: Kartu Tanda Penduduk, Kartu Identitas Anak, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Akte Kematian, dan Akta Nikah. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Ambon secara kontinyu memperhatikan tata cara yang ditempuh untuk menyelesaikan pelayanan administrasi kependudukan yang efektif dan integratif, dalam proses pembuatan: Kartu Tanda Penduduk, Kartu Identitas Anak, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Akte Kematian, dan Akta Nikah. Hal ini bersandar pada berbaga peraturan yang mengatur tentang pelayanan administrasi kependudukan.

References

Abdullah Thamrin, T. F. (2018). Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Afriansyah. (2021). Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tarakan.

Assauri, S. (2018). Strategic Management. Raja Grafindo.

Badrudin. (2013). Dasar-Dasar Manajemen. Penerbit Alfabeta.

Chandra Gregorius, T. F. (2017). Pemasaran Strategik, Mengupas Pemasaran Strategik, Brabding Strategy, Costomer Satification, Strategi Kompetitif, Hingga e-Marketing. Penerbit Andi.

Danim, Sudarwan, dan Y. D. (2010). Administrasi Sekolah dan Manajemen, Kelas. Penerbit Pustaka Setia.

David Fred R., D. F. R. (2017). Manajemen Strategik : Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Penerbit Salemba Empat.

Dwiyanto, A. (2010). Manajemen Pelayanan Publik, Peduli, Inklusif, dan Kolaboratif. Gadjah Mada University Press.

Ekram, I., Tuanaya, W., Studi, P., Pemerintahan, I., Pattimura, U., & Publik, P. (2022). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan publik kantor manunggal satu atap provinsi maluku. 3(1). https://doi.org/10.24815/gaspol.v3i2.26209

Moenir, H. A. S. (2002). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Penerbit Bumi Aksara.

Selanno, H., & Wance, M. (2021). Performance of Inspectorate in Supervision of Government Administration in Buru Selatan Regency. Sosiohumaniora, 23(2), 189. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v23i2.30296

Sriwinarni. (2021). Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barru.

Syahirah, N. (2020). Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kampar.

Wance, M. (2018). Efektivitas Pelayanan Transportasi Publik (Studi Pelayanan P.T Asdp Pelabuhan Bastiong Tahun 2017). Jurnal of Government, 3(2), 89–114. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/gov/article/view/1141

Wance, M., Muhtar, M., & Kaliky, P. I. (2020). PKM Penyelenggaraan Pemerintahan Dalam Perencanaan Pembangunan Negeri Hila Kabupaten Maluku Tengah. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 229–338. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i2.372.

Published
2023-05-08