Efektivitas Program Pelayanan Administrasi Kependudukan Sabtu Tuntas di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magetan
Abstract
Pelayanan Sabtu Tuntas adalah inovasi pelayanan jemput bola dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magetan kepada masyarakat desa di Hari Sabtu sampai tuntas pelayanannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana efektivitas program pelayanan administrasi kependudukan sabtu tuntas yang merupakan inovasi jemput bola dari Disdukcapil Kabupaten Magetan dalam upaya peningkatan kualitas layanan dan percepatan data kependudukan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengukuran efektivitas menggunakan teori Ripley dalam (Purwanto & Sulistyastuti, 2015). Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Efektivitas Program Pelayanan Administrasi Kependudukan Sabtu Tuntas cukup efektif karena sudah sesuai dengan tujuan pelayanan sabtu tuntas yaitu mendekatkan dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat desa. Selain itu, telah mendukung program GISA (Gerakan Indonesia Sadar Administrasi) dan terjadi peningkatan kualitas layanan administrasi. Namun, kedepannya perlu dilaksanakan pelayanan ditiap desa dengan pelaksana pihak desa sendiri karena Disdukcapil pelayanannya terbatas anggaran dan pelaksana.
References
Afriyanni, A., Masbiran, V. U. K., & Nugroho, R. (2021). Reformasi Pelayanan Publik: Best Practice Pelayanan Administrasi Kependudukan Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pembangunan Nagari, 6(1). https://doi.org/10.30559/jpnv%vi%oi.251
Andriariza, Y. (2016). Evaluation The Implementation of Media Center in Bekasi City (Evaluasi Implementasi Media Center di Kota Bekasi). Journal Pekommas, 1(2), 133. https://doi.org/10.30818/jpkm.2016.2010203
Brianda, W. O., & Hasan, A. (2022). Efektifitas Pelayanan Jemput Bola Kartu Identitas Anak (KIA) Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Payakumbuh. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis (JEBS), 2(1), 397–410. https://doi.org/10.47233/jebs.v2i1.122
Buding, A., & Sila, S. N. (2020). Efektivitas Program Pelayanan Administrasi Kependudukan Tutul WhatsApp (PAK TUWA) Dalam Penerbitan Kartu Identitas Anak Di Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Administrasi Pemerintahan Daerah, XII(Edisi Spesial (1)), 66–78. https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jiapd.v12i1.1468
Edam, N. S., Pangemanan, S., & Kairupan, J. (2018). Efektivitas Program Cerdas Command Center Sebagai Media Informasi Masyarakat Dalam Rangka Pelayanan Publik. Jurusan Ilmu Pemerintah, 1(1), 1–10. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/20924/20611
Enitasari, R., & Hertati, D. (2019). Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Aplikasi Berkas Mlaku Dewe Di Kantor Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Public Administration Journal of Research, 1(2), 137–150. https://doi.org/10.33005/paj.v1i2.16
Kementerian Dalam Negeri. (2018). Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2018 Tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan.
Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 470/837/SJ Tentang Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Tahun 2018, (2018).
Nur’aini, A. (2021). Efektivitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kelurahan Leok 1 Kecamatan Biau Kabupaten Buol. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2567–2574. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v1i12.520
Nurdin, D., Putera, R. E., & Yoserizal. (2020). Efektivitas Dinas Pertanian Kota Padang Dalam Pelaksanaan Program Jajar Legowo. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 08(02), 62–72. https://jurnal.asian.or.id/index.php/JIANA/article/view/13
Peraturan Pemerintah RI. (1945). Pasal 34 (3) Undang Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.
Peraturan Pemerintah RI. (2013). pasal 58 ayat (4) Undang – Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.
Purwanto, E. A., & Sulistyastuti, D. R. (2015). Implementasi Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasinya Di Indonesia (II). Gava Media.
Rahmatillah, N. A., Miradhia, D., & Runiawati, N. (2021). Efektivitas Program Mal Grha Tiyasa Sebagai Model Pelayanan Publik Di Kota Bogor. Jurnal Administrasi Negara, 13(01), 96–101. https://jurnal.unpad.ac.id/jane/article/view/35043
Rosaliana, A., & Hardjati, S. (2019). Efektvitas Pelaksanaan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Di Kecamtan Wonocolo Kota Surabaya. Public Administration Journal, 2(2).
Wiryanto, W. (2019). Replikasi Model Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Indonesia. INOBISM : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 03(01). https://doi.org/https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v3i1.118
Copyright (c) 2023 Journal of Governance and Local Politics (JGLP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.