Kualitas Layanan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram terhadap Jumlah Kunjungan

  • Amin Saleh Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Iwin Ardyawin Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Muhammad Soadikin Universitas Muhammadiyah Mataram
Keywords: Kualitas Layanan, Pengunjung, Perpustakaan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kuslitas layanan yang ada di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram. Metode yang digunakan pada laporan akhir ini adalah metode penelitian kualitatif dengan bantuan software Nvivo 12 Plus. Adapun hasil yang diperoleh peneliti dilapangan yaitu kualitas layanan terhadap jumlah pengunjung di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram . Hal itu dapat dilihat dari tujuh aspek indikator yaitu a) Penampilan b) Tepat waktu dan Tepat janji c) Kesediaan melayani d) Pengetahuan dan keahlian e) Kesopanan dan keramahan f) Kejujuran dan Kepercayaan g) Efisien efektifitas dan semua terlaksana  walaupun masih ada yang belum maksimal. Perlu di tingkatkan kualitas pelayanan pada Kesediaan melayani. Disisi lain masih ada yang menjawab kurang puas dengan kesediaan melayani yang ditunjukan oleh pegawai yang ada di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram. Kemudian Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram mendapatkan respon yang cukup positif dari pemustaka atau pengunjungnya walaupun masih ada pengungunjung yang merasa kurang puas terhadap aspek tersebut.

References

Abdurrahman, Wildan, Baehaqi, Fahruddin, Hakim, M., 2023. Manajemen Pelayanan Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Lombok Tengah 7.
Afthanorhan, A., Awang, Z., Rashid, N., Foziah, H., Ghazali, P.L., 2019. Assessing the effects of service quality on customer satisfaction. Manag. Sci. Lett. 9, 13–24. https://doi.org/10.5267/j.msl.2018.11.004
Alzahrani, A.I., Mahmud, I., Ramayah, T., Alfarraj, O., Alalwan, N., 2019. Modelling digital library success using the DeLone and McLean information system success model. J. Librariansh. Inf. Sci. 51, 291–306. https://doi.org/10.1177/0961000617726123
Andrikopoulou, A., Rowley, J., Walton, G., 2022. Research Data Management (RDM) and the Evolving Identity of Academic Libraries and Librarians: A Literature Review. New Rev. Acad. Librariansh. 28, 349–365. https://doi.org/10.1080/13614533.2021.1964549
Febri Ramadhan, Rydho, Tamaya, V., 2021. Standar Pelayanan Publik di Masa Pandemi Covid-19: Studi Pelayanan Perpustakaan ITERA. J. Stud. Ilmu Sos. dan Polit. 1, 57–66. https://doi.org/10.35912/jasispol.v1i1.365
Gathoni, N., Van der Walt, T., 2019. Evaluating library service quality at the Aga Khan University library: Application of a total quality management approach. J. Librariansh. Inf. Sci. 51, 123–136. https://doi.org/10.1177/0961000616679725
Iqbal, N., Jamil, F., Ahmad, S., Kim, D., 2020. Toward Effective Planning and Management Using Predictive Analytics Based on Rental Book Data of Academic Libraries. IEEE Access 8, 81978–81996. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2990765
Irhandanyaningsih, A., Arifan, F., Broto, R.T.W., 2021. Digital Library Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Perpustakaan Pada Era New Normal Di Perpustakaan Flamboyan Pemalang. Inisiat. J. Pengabdi. Kpd. Masy. 1, 25–27.
Kurniawan, C., Purnomo, E.P., Fathani, A.T., Fadhlurrohman, M.I., 2023. Sustainable tourism development strategy in West Nusa Tenggara province, Indonesia. IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci. 1129, 012022. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1129/1/012022
Mirghafoori, S.H., Sayyadi Tooranloo, H., Saghafi, S., 2020. Diagnosing and routing electronic service quality improvement of academic libraries with the FMEA approach in an intuitionistic fuzzy environment. Electron. Libr. 38, 597–631. https://doi.org/10.1108/EL-09-2019-0218
Ortega-Martínez, E. de los Á., Pacheco-Mendoza, J., García Meléndez, H.E., Ortiz-Díaz, E.M., Saavedra-Alamillas, C., 2021. Digital services adapted by libraries in Mexico to COVID-19 pandemic: a critical review. Digit. Libr. Perspect. 37, 3–17. https://doi.org/10.1108/DLP-07-2020-0063
Rafiq, M., Batool, S.H., Ali, A.F., Ullah, M., 2021. University libraries response to COVID-19 pandemic: A developing country perspective. J. Acad. Librariansh. 47. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2020.102280
Rafique, H., Omran, A., Shamim, A., Anwar, F., 2019. nvestigating the acceptance of mobile library applications with an extended technology acceptance model (TAM) Hamaad 2522.
Scoulas, J.M., De Groote, S.L., 2020. University students’ changing library needs and use: A comparison of 2016 and 2018 student surveys. Evid. Based Libr. Inf. Pract. 15, 59–89. https://doi.org/10.18438/EBLIP29621
Searle, B.C., Swearingen, K.E., Barnes, C.A., Schmidt, T., Gessulat, S., Küster, B., Wilhelm, M., 2020. Generating high quality libraries for DIA MS with empirically corrected peptide predictions. Nat. Commun. 11, 1–10. https://doi.org/10.1038/s41467-020-15346-1
Tebai, N.D., Lionardo, A., Azhar, H., 2022. Kualitas Pelayanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Waropen di Era Revolusi 4.0 4, 42–55. https://doi.org/10.37531/sejaman.vxix.358
Wijayanti, E., Sinulingga, S., 2023. Peningkatan kualitas pelayanan Perpustakaan UINSU Melalui Kerjasama Antar Perpustakaan 3, 573–580. https://doi.org/10.47476/dawatuna.v3i3.2618
Winata, A.P., Fadelina, R., Basuki, S., 2021. New normal and library services in Indonesia: a case study of university libraries. Digit. Libr. Perspect. 37, 77–84. https://doi.org/10.1108/DLP-07-2020-0059
Published
2022-11-10