Pengaruh Etos Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kota Makassar

  • Ampauleng Ampauleng STIEM Bongaya
Keywords: Etos Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh etos kerja dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai Pada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Makassar. Pengumpulan data menggunakan Teknik sample jenuh. Populasinya yaitu seluruh pegawai ASN BKPSDMD Kota Makassar yang berjumlah 66 orang. Hasil kuesioner telah diuji validitas dan reliabilitas, juga telah diuji asumsi klasik berupa uji normalitas, heteroskedastisitas, dan multikolinearitas. Metode analisis menggunakan Teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima karena menunjukkan hasil hipotesis yang positif dan signifikan. Ini berarti bahwa faktor etos kerja dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja.

References

Anam, K., & Rifqi, A. (2019). Pengaruh Etos Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Peningkatan Ekonomi Pekerja Kuli Aangkut (Manol) di UPT TPI Mayangan. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 16(2).

Cappelli, P., & Tavis, A. (2016). The performance management revolution. Harvard Business Review, 94(10), 58-67.

Ginting, N. (2016). How self-efficacy enhance heritage tourism in Medan Historical Corridor, Indonesia. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 234, 193-200.

Van Dooren, W., Bouckaert, G., & Halligan, J. (2015). Performance management in the public sector. Routledge.

Meriac, J. P., Slifka, J. S., & LaBat, L. R. (2015). Work ethic and grit: An examination of empirical redundancy. Personality and Individual Differences, 86, 401-405.

Mone, E. M., London, M., & Mone, E. M. (2018). Employee engagement through effective performance management: A practical guide for managers. Routledge.

Rodgers, D. T. (2014). The work ethic in industrial America 1850-1920. University of Chicago Press.

Simanjuntak, P. A. (2020). Pengaruh etos kerja, kepuasan kerja, sikap kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai pada kantor pelayanan pajak pratama medan polonia. Manajemen dan Bisnis, 2(1), 44-85.

Siregar, M. Y. (2019). Pengaruh kepemimpinan dan remunerasi terhadap prestasi kerja melalui etos kerja pegawai di lingkungan universitas negeri. Jumant, 11(1), 151-164.

Sutrisno, S., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2016). Pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai di kantor satuan polisi pamong praja kota Semarang. Journal of Management, 2(2).

Usoh, N. M., Tewal, B., & Saerang, R. (2020). Pengaruh Etos Kerja, Kepuasan Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Tasik Ria Resort. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1).

Published
2023-05-08