Kualitas Hidup Penderita Diabetes Mellitus dan Determinannya di Kabupaten Gorontalo

  • Zul Adhayani Arda Universitas Gorontalo
  • Sunarti Hanapi Universitas Gorontalo
  • Yeni Paramata Universitas Gorontalo
  • Abdul Rahmat Ngobuto Universitas Gorontalo
Keywords: Kualitas hidup, determinan, Diabetes Mellitus

Abstract

Kualitas hidup adalah penilaian subjektif seseorang melalui pengalaman terhadap sesuatu yang telah dialaminya dalam kehidupan. Salah satu yang banyak menyebabkan penurunan kualitas hidup masyarakat adalah penyakit, seperti Diabetes Melitus (DM) yang banyak diderita oleh masarakat saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinan kualitas hidup pada penderita Diabetes Melitus di Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 313 responden, yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Analisa data secara univariat dan bivariat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember sampai Januari 2019. Hasil penelitian univariat menunjukkan proporsi responden dengan kualitas hidup tinggi sebesar 44,7%. Hasil bivariat menunjukkan adanya hubungan tingkat pendidikan (p=0.000), status pekerjaan (p=0.000), status ekonomi (p=0.000) dan lama menderita (p=0.000) dengan kualitas hidup penderita diabetes mellitus. Tidak ada hubungan umur (p=0.676) dengan kualitas hidup penderita diabetes mellitus. Untuk itu, diharapkan kepada petugas kesehatan dan masyarakat agar lebih meningkatkan perhatian pada penderita Diabetes Melitus terutama bagi yang telah cukup lama menderita DM.

References

Badan Pusat Statistik (BPS). (2018). Status Pekerjaan

Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo. (2017). Data Penderita Diabetes Melitus 3 Tahun Terakhir. Kabupaten Gorontalo

Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo (2014). Data penderita Diabetes Melitus di Provinsi Gorontalo. Provinsi Gorontalo

IDF (International Diabetes Ferderation). (2015). Diabetes Atlas Seven Edition.

Infodatin Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI. (2014). Situasi dan Analisis Diabetes.

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2018. Kemenkes RI : Jakarta.

Meidikayanti, W., Wahyuni, C. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kualtias Hidup Diabetes Melitus tipe II di Puskesmas Pademawu.

Ningtyas, D., Wahyudi, P., Prasetyowati, I. (2013). Analisis Kualitas Hidup Pasien Diabetes Melitus Tipe II di RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan. Artikel Ilmiah , 1-7.

Retnowati, N., Satyabakti, P. (2015). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kualitas Hidup Penderita Diabetes Melitus Di Puskesmas Tanah Kalikedinding. Jurnal Berkala Epidemiologi, Vol. 3, No.1 , 57-68.

Sari, R. M., Thobari, J. A., & Andayani, T. M. (2011). Evaluasi Kualitas Hidup Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Yang Di Terapi Rawat Jalan Dengan Anti Diabetik Oral Di RSUP Dr. SARDJITO. Jurnal Manajemen Dan Pelayanan Farmasi Vol. 1 No. 1 Maret 2011 , 35-42.

Setiyorini, E., Wulandari, N. (2017). Hubungan Lama Menderita dan Kejadian Komplikasi Dengan Kualitas Hidup Lansia Penderita Diabetes Melitus Tipe II. 75-82.

Siwiutami, F. (2017). Gambaran Kualitas Hidup Pada Penyandang Diabetes Melitus di Wilyah Puskesmas Purwosari Surakarta. Naskah Publikasi Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Wahyuni, Y., Nursiswati, Ana., Anastastia. (2014) Kualitas Hidup berdasarakan Pasien Diabetes Melitus tipe II. 25-34.

WHO (World Health Organitation) (2016) Global Report On Diabetes

Published
2020-08-27
How to Cite
Arda, Z., Hanapi, S., Paramata, Y., & Ngobuto, A. (2020). Kualitas Hidup Penderita Diabetes Mellitus dan Determinannya di Kabupaten Gorontalo. urnal romotif reventif, 3(1), 14-21. https://doi.org/10.47650/jpp.v3i1.145