Evaluasi Sistem E-Puskesmas Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (EUCS) pada Tenaga Kesehatan di Kabupaten Gorontalo
Abstract
Pelayanan kesehatan yang berkualitas sangat bergantung pada efektivitas sistem informasi yang mendukung manajemen pelayanan kesehatan. Sejalan dengan transformasi digital, penerapan Sistem E-Puskesmas menjadi inovasi penting untuk meningkatkan kepuasan petugas kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness, serta mengidentifikasi faktor yang paling dominan berdasarkan model EUCS terhadap kepuasan tenaga kesehatan di Puskesmas Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-random sampling. Populasi penelitian yaitu petugas yang menggunakan sistem dari setiap unit-unit yang ada di 21 Puskesmas dengan jumlah sampel sebesar 182 responden. Kemudian dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa content, accuracy, ease of use, dan timeliness berpengaruh signifikan terhadap kepuasan petugas, sedangkan format tidak berpengaruh signifikan. Faktor yang paling dominan adalah ease of use, dengan kontribusi EUCS sebesar 41,3% (R = 0,642; R² = 0,413). Penelitian ini menegaskan bahwa keberhasilan implementasi Sistem E-Puskesmas sangat bergantung pada kualitas sistem yang mampu meningkatkan kepuasan petugas kesehatan.
References
Adrianti, H., & Hosizah. (2018). Pengaruh Faktor End User Computing Satisfaction (EUCS) Terhadap Manfaat Nyata Pengguna Sistem Informasi Elektronik (E-Puskesmas) Di Puskesmas Sawah Besar Jakarta. Indonesian of Health Information Management Journal, 6(2), 63–69.
Ainurrizah, A., & Widiyanto, W. W. (2025). Evaluation of Outpatient Electronic Medical Record User Satisfaction Using the EUCS Model at Sultan Fatah Regional Hospital Indonesia. International Journal of Health and Medicine, 2(3), 70–75.
Fitriani, A., Zakiyah, E., Pratama, B. A., & Kurnianingsih, W. (2024). Analisis Rekam Medis Elektronik Rawat Jalan di Puskesmas Weru dengan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction). Indonesia Journal on Networking and Security, 13(1), 1–5.
Fitriani, H. (2023). Analisis Implementasi Layanan E-Puskesmas Pada Pusat Kesehatan Masyarakat Di Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin. Jurnal Public Administration, Business and Rural Develoment Planning, 5(2), 46–62.
Golo, Z. A., Subinarto, S., & Garmelia, E. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Puskesmas Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di Puskesmas. Jurnal Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan, 4(1), 52–56.
Ismatullah, N. K., Widodo, A. P., & Achadi, N. S. (2022). Model EUCS (End User Computing Satisfaction) untuk Evaluasi Kepuasan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Bidang Kesehatan : Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia, 5(5), 463–467.
Jambago, N. S., Ennimay, E., Priwahyuni, Y., Yunita, J., & Jepisah, D. (2022). Penerapan Aplikasi E-Puskesmas dengan Pendekatan HOT-Fit di Kabupaten Siak (Studi Kualitatif). Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 17(1), 58–66.
Nurhayati, S., Guntara, A., Fadil, I., April, U. S., User, E., & Satisfaction, C. (2024). Pengaruh Kualitas Informasi dan Konten terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Puskesmas di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kota Bandung. Nuansa Informatika, 18(2), 209–219.
OECD. (2020). Health in the 21st Century: Putting Data to Work for Stronger Health Systems. OECD Publishing.
Rahmawati, D., & Rachma, N. (2024). Pengaruh Kualitas Informasi dan Konten terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Puskesmas di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kota Bandung. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 12(1), 45–54.
Rizqulloh, L., & Putra, A. N. (2024). Kepuasan Pengguna Rekam Medis Elektronik Melalui Pendekatan EUCS di RSI Sultan Agung. Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 5(4), 330–344.
Simatupang, D. N., & Zagoto, T. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Di Puskesmas Sibabangun Menggunakan Metode EUCS Tahun 2023. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 3(1), 32–39.
WHO. (2021). Global strategy on digital health 2020-2025. World Health Organization.
Yulianti, S., & Widayanti, R. (2024). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna E-Learning Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (EUCS) di Universitas Esa Unggul. IKRAITH-Teknologi, 8(3), 1–10.
Copyright (c) 2025 Ririn Badu, Herlina Jusuf, Suardi Suardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1.png)





