Efektivitas Edukasi Gizi Berbasis LMS Netboard terhadap Pengetahuan Ibu Hamil

  • Lia Indrawati Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia
  • Sunarto Kadir Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia
  • Suardi Suardi Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia
Keywords: Ibu hamil, edukasi gizi, Learning Management System (LMS), Netboard, pengetahuan asupan gizi

Abstract

Rendahnya pengetahuan asupan gizi pada ibu hamil tetap menjadi persoalan prioritas karena berimplikasi pada kesehatan ibu dan janin. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas edukasi gizi melalui LMS berbasis Netboard dalam meningkatkan pengetahuan asupan gizi ibu hamil. Rancangan yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dua-kelompok pretest–posttest pada 40 ibu hamil trimester kedua yang dibagi menjadi kelompok eksperimen sebanyak 20 responden dan kontrol sebanyak 20 responden. Instrumen berupa tes pilihan ganda (skor 0–100) yang mencakup makronutrien, mikronutrien, dan pola makan; intervensi pada kelompok eksperimen diberikan melalui LMS berbasis Netboard, sedangkan kontrol menerima metode konvensional. Uji asumsi normalitas dan homogenitas dipenuhi; analisis dilakukan menggunakan independent samples t-test dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil pada pre-test, rerata kedua kelompok setara yaknik kelompok eksperimen sebesar 62,05 sedangkan kelompok kontrol sebesar 59,95. Hasil uji independent samples t-test pada tahap pre-test menunjukan p-value sebesar 0,595. Pada post-test, rerata kelompok eksperimen meningkat menjadi 81,60, sedangkan kontrol 60,80. Hasil uji independent samples t-test pada tahap post-test menunjukan p-value 0.001. Disimpulkan bahwa edukasi gizi melalui LMS berbasis Netboard efektif meningkatkan pengetahuan asupan gizi ibu hamil dan layak dipertimbangkan untuk diintegrasikan pada layanan primer.

References

Anang Setyo, A., dkk. (2022). Pembelajaran Digital Interaktif Berbasis Netboard.Me Dan Bookcreator. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 530–537. https://doi.org/10.24127/AJPM.V11I1.4610

Arifin, Z., Desrani, A., Ritonga, A. W., & Ibrahim, F. M. A. (2023). Arabic Language Learning Approach Using Smart Technology in Higher Education. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.22219/JIZ.V6I1.25011

Fatmawati, F., & Munawaroh, M. (2023). Hubungan Pengetahuan, Status Gizi Dan Pola Makan Dengan Kejadian Kekurangan Energi Kronik Pada Ibu Hamil Di UPT Puskesmas Bojonegara Tahun 2022. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6), 1873–1882. https://doi.org/10.55681/SENTRI.V2I6.977

Hadi, H., & Irwanti, W. (2020). High Deficit in Nutrient Intakes Was Associated with Poor Nutritional Status of Pregnant Women: A Study from Eastern Indonesia. Current Developments in Nutrition, 4, nzaa043_050. https://doi.org/10.1093/CDN/NZAA043_050

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, & United Nations Clihdren’s Fund. (2023). Gizi Ibu di Indonesia: Analisis Lanskap and Rekomendasi (F. Sistia, Trans.).

Masruroh, M., Eraku, S., & Pambudi, M. R. (2024). Challenges and Transformations: Building Teacher Professionalism in the Digital Era for Superior Education. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10 (SpecialIssue), 620–626. https://doi.org/10.29303/JPPIPA.V10ISPECIALISSUE.9142

Oktaviana, D., Bagenda, A., Anugrah Syam, R., Ilham, R., Thalib, A. (2025). Effectiveness Of Yoga Therapy Education on Knowledge and Attitudes of T2dm Patients in Takalar RegencY. Mandala Of Health, 18(1), 88–97. https://doi.org/10.20884/1.MANDALA.2025.18.1.15820

Pambudi, Moch. R., & Masruroh, M. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Spasial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 161–165. https://doi.org/10.31764/PAEDAGORIA.V14I2.14130

Rhodes, A., dkk. (2020). Exclusively digital health interventions targeting diet, physical activity, and weight gain in pregnant women: Systematic review and meta-analysis. JMIR MHealth and UHealth, 8(7), e18255. https://doi.org/10.2196/18255

Riskesdas. (2018). Laporan Provinsi Gorontalo Riskesdas 2018. Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB). www.litbang.depkes.go.id

Ros, S., et.al. (2015). On the use of extended TAM to assess students’ acceptance and intent to use third-generation learning management systems. British Journal of Educational Technology, 46(6), 1250–1271. https://doi.org/10.1111/BJET.12199

Sari, E. M., & Angin, S. Y. P. (2023). Efektivitas Pelaksanaan Pendampingan Penggunaan Buku Kesehatan Ibu Dan Anak (KIA) Terhadap Prilaku Ibu Hamil Dalam Pelayanan Kesehatan Wilayah Kerja Puskesmas Medan Tuntungan 2023. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30743/best.v6i1.7486

Shao, Y., Meng, C., & Liang, Y. Z. (2024). Digital versus non-digital health interventions to improve iron supplementation in pregnant women: a systematic review and meta-analysis. Frontiers in Medicine, 11, 1375622. https://doi.org/10.3389/FMED.2024.1375622/BIBTEX

Suardi, S. (2025). Effectiveness of Leaflet-Based Education for the Elderly on Knowledge of Covid-19 Prevention: Leaflet Education and COVID-19 Knowledge in the Elderly. Innovative Approaches in Health Science Journal, 2(2), 37–41. https://doi.org/10.64871/2TDC1438

Suparji, S., dkk. The Importance of Optimal Nutritional Intake for The Health of Pregnant Women in Indonesia: Key Challenges and Strategic Solutions. National Journal of Community Medicine, 15(11), 993–997. https://doi.org/10.55489/njcm.151120244635

Taaropetan, C. N., dkk. (2025). Pengaruh Media Video Promosi Kesehatan terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang Tuberkulosis di Pulau Salibabu. Jurnal Promotif Preventif, 8(5), 1051–1060. https://doi.org/10.47650/JPP.V8I5.2293
Published
2025-12-11
How to Cite
Indrawati, L., Kadir, S., & Suardi, S. (2025). Efektivitas Edukasi Gizi Berbasis LMS Netboard terhadap Pengetahuan Ibu Hamil. urnal romotif reventif, 8(6), 1441-1449. https://doi.org/10.47650/jpp.v8i6.2361
Abstract viewed = 9 times
PDF downloaded = 8 times