Efektivitas Edukasi Gizi Berbasis LMS Netboard terhadap Pengetahuan Ibu Hamil
Abstract
Rendahnya pengetahuan asupan gizi pada ibu hamil tetap menjadi persoalan prioritas karena berimplikasi pada kesehatan ibu dan janin. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas edukasi gizi melalui LMS berbasis Netboard dalam meningkatkan pengetahuan asupan gizi ibu hamil. Rancangan yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dua-kelompok pretest–posttest pada 40 ibu hamil trimester kedua yang dibagi menjadi kelompok eksperimen sebanyak 20 responden dan kontrol sebanyak 20 responden. Instrumen berupa tes pilihan ganda (skor 0–100) yang mencakup makronutrien, mikronutrien, dan pola makan; intervensi pada kelompok eksperimen diberikan melalui LMS berbasis Netboard, sedangkan kontrol menerima metode konvensional. Uji asumsi normalitas dan homogenitas dipenuhi; analisis dilakukan menggunakan independent samples t-test dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil pada pre-test, rerata kedua kelompok setara yaknik kelompok eksperimen sebesar 62,05 sedangkan kelompok kontrol sebesar 59,95. Hasil uji independent samples t-test pada tahap pre-test menunjukan p-value sebesar 0,595. Pada post-test, rerata kelompok eksperimen meningkat menjadi 81,60, sedangkan kontrol 60,80. Hasil uji independent samples t-test pada tahap post-test menunjukan p-value 0.001. Disimpulkan bahwa edukasi gizi melalui LMS berbasis Netboard efektif meningkatkan pengetahuan asupan gizi ibu hamil dan layak dipertimbangkan untuk diintegrasikan pada layanan primer.
References
Arifin, Z., Desrani, A., Ritonga, A. W., & Ibrahim, F. M. A. (2023). Arabic Language Learning Approach Using Smart Technology in Higher Education. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.22219/JIZ.V6I1.25011
Fatmawati, F., & Munawaroh, M. (2023). Hubungan Pengetahuan, Status Gizi Dan Pola Makan Dengan Kejadian Kekurangan Energi Kronik Pada Ibu Hamil Di UPT Puskesmas Bojonegara Tahun 2022. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6), 1873–1882. https://doi.org/10.55681/SENTRI.V2I6.977
Hadi, H., & Irwanti, W. (2020). High Deficit in Nutrient Intakes Was Associated with Poor Nutritional Status of Pregnant Women: A Study from Eastern Indonesia. Current Developments in Nutrition, 4, nzaa043_050. https://doi.org/10.1093/CDN/NZAA043_050
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, & United Nations Clihdren’s Fund. (2023). Gizi Ibu di Indonesia: Analisis Lanskap and Rekomendasi (F. Sistia, Trans.).
Masruroh, M., Eraku, S., & Pambudi, M. R. (2024). Challenges and Transformations: Building Teacher Professionalism in the Digital Era for Superior Education. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10 (SpecialIssue), 620–626. https://doi.org/10.29303/JPPIPA.V10ISPECIALISSUE.9142
Oktaviana, D., Bagenda, A., Anugrah Syam, R., Ilham, R., Thalib, A. (2025). Effectiveness Of Yoga Therapy Education on Knowledge and Attitudes of T2dm Patients in Takalar RegencY. Mandala Of Health, 18(1), 88–97. https://doi.org/10.20884/1.MANDALA.2025.18.1.15820
Pambudi, Moch. R., & Masruroh, M. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Spasial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 161–165. https://doi.org/10.31764/PAEDAGORIA.V14I2.14130
Rhodes, A., dkk. (2020). Exclusively digital health interventions targeting diet, physical activity, and weight gain in pregnant women: Systematic review and meta-analysis. JMIR MHealth and UHealth, 8(7), e18255. https://doi.org/10.2196/18255
Riskesdas. (2018). Laporan Provinsi Gorontalo Riskesdas 2018. Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB). www.litbang.depkes.go.id
Ros, S., et.al. (2015). On the use of extended TAM to assess students’ acceptance and intent to use third-generation learning management systems. British Journal of Educational Technology, 46(6), 1250–1271. https://doi.org/10.1111/BJET.12199
Sari, E. M., & Angin, S. Y. P. (2023). Efektivitas Pelaksanaan Pendampingan Penggunaan Buku Kesehatan Ibu Dan Anak (KIA) Terhadap Prilaku Ibu Hamil Dalam Pelayanan Kesehatan Wilayah Kerja Puskesmas Medan Tuntungan 2023. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30743/best.v6i1.7486
Shao, Y., Meng, C., & Liang, Y. Z. (2024). Digital versus non-digital health interventions to improve iron supplementation in pregnant women: a systematic review and meta-analysis. Frontiers in Medicine, 11, 1375622. https://doi.org/10.3389/FMED.2024.1375622/BIBTEX
Suardi, S. (2025). Effectiveness of Leaflet-Based Education for the Elderly on Knowledge of Covid-19 Prevention: Leaflet Education and COVID-19 Knowledge in the Elderly. Innovative Approaches in Health Science Journal, 2(2), 37–41. https://doi.org/10.64871/2TDC1438
Suparji, S., dkk. The Importance of Optimal Nutritional Intake for The Health of Pregnant Women in Indonesia: Key Challenges and Strategic Solutions. National Journal of Community Medicine, 15(11), 993–997. https://doi.org/10.55489/njcm.151120244635
Taaropetan, C. N., dkk. (2025). Pengaruh Media Video Promosi Kesehatan terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang Tuberkulosis di Pulau Salibabu. Jurnal Promotif Preventif, 8(5), 1051–1060. https://doi.org/10.47650/JPP.V8I5.2293
Copyright (c) 2025 Lia Indrawati, Sunarto Kadir, Suardi Suardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1.png)





