Efektivitas Edukasi Video Digital terhadap Pengetahuan dan Perilaku Kebersihan Gigi dan Mulut Siswa Sekolah Menengah Pertama

  • Mulyati Yasin Inaku Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia
  • Irwan Irwan Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia
  • Isman Yusuf Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia
Keywords: edukasi digital, video sikat gigi, pengetahuan, perilaku, kebersihan mulut

Abstract

Rendahnya pengetahuan tentang cara menyikat gigi yang benar serta perilaku kebersihan mulut yang kurang memadai berdampak terhadap buruknya kesehatan gigi dan mulut remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas edukasi digital menggunakan media video Tooth Brushing Practice (TBP) dalam meningkatkan pengetahuan dan perilaku siswa terkait kebersihan gigi dan mulut. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan pendekatan pre-test–post-test control group pada 60 siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo yang dibagi secara acak ke dalam kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa kuesioner pengetahuan dan perilaku yang diberikan sebelum dan sesudah intervensi. Kelompok intervensi memperoleh edukasi digital melalui pemutaran video TBP di kelas dan pengiriman video melalui WhatsApp selama tujuh hari, sementara kelompok kontrol tidak menerima edukasi apa pun. Data dianalisis menggunakan uji Mann Whitney untuk melihat perbedaan antara kelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pengetahuan dan perilaku menyikat gigi pada kelompok intervensi setelah mendapatkan edukasi digital (p < 0,05), sedangkan kelompok kontrol tidak mengalami perubahan bermakna. Temuan ini menunjukkan bahwa edukasi digital berbasis video efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan perilaku kebersihan gigi dan mulut siswa, serta berpotensi digunakan sebagai metode edukasi kesehatan yang praktis dan efisien di lingkungan sekolah.

References

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.

Alayadi, H., et al. (2023). Impact of virtual supervised tooth brushing on caries prevention in school-aged children. Trials.

Al-Shehri, A., Alqarni, M., & others. (2020). Effectiveness of video-based tooth brushing education among adolescents. Journal of International Oral Health.

Aldridge, J., Smith, P., & Williams, R. (2021). Multimedia-based oral health education and its impact on adolescent brushing behavior. International Journal of Pediatric Dentistry.

Aung, P. T., et al. (2022). Determinants of oral hygiene status among Southeast Asian adolescents. BMC Oral Health.

Azarys, D. A. A., et al. (2024). The difference between digital educational game and PowerPoint-based video in improving oral hygiene knowledge among students. Jurnal Kesehatan Gigi.

Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Prentice-Hall.

Kaneyasu, Y., et al. (2023). Effectiveness of e-learning to promote oral health education: A systematic review and meta-analysis.

Kashani, K., et al. (2024). Evaluating the effectiveness of web-based oral health education on mothers’ awareness and children's hygiene behavior. BMC Oral Health.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press.

Nirmala, S. M., Dewi, A., & Suryani, E. (2020). Effectiveness of visual-based dental health education in improving dental hygiene knowledge among students. Journal of Dental Public Health.

Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Putri, A. R., & Sari, M. P. (2021). Effect of animated video on tooth brushing practices among school children. Journal of Health Education.

Putri, R., & Sari, L. (2023). Digital oral health education intervention to enhance brushing behavior among teenagers. Journal of Preventive Dentistry.

Restuning, S., et al. (2024). Video-based dental health promotion and its effect on adolescents’ oral hygiene knowledge: A quasi-experimental study. Heliyon.

Romalee, W., et al. (2024). Effectiveness of mobile augmented reality–integrated oral health learning: A systematic review.

Rosenstock, I. M. (1974). The Health Belief Model and preventive health behavior. Health Education Monographs.

Sari, F. N., Yulita, R., & Pramesti, E. (2022). Effectiveness of video tooth brushing education on oral hygiene improvement among students. Jurnal Kesehatan Gigi Indonesia.

Setiawan, T., Nurhayati, U., & Halim, R. (2022). Impact of one-week video-based dental education on OHIS scores of adolescents. Journal of Dental Hygiene Science.
Published
2025-12-11
How to Cite
Inaku, M., Irwan, I., & Yusuf, I. (2025). Efektivitas Edukasi Video Digital terhadap Pengetahuan dan Perilaku Kebersihan Gigi dan Mulut Siswa Sekolah Menengah Pertama. urnal romotif reventif, 8(6), 1393-1401. https://doi.org/10.47650/jpp.v8i6.2380
Abstract viewed = 12 times
PDF downloaded = 10 times