Pengaruh Konseling Dengan Metode Motivational Interview (MI) Terhadap Status Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Remaja
Abstract
Kesehatan gigi dan mulut merupakan aspek penting dalam kesehatan masyarakat, namun masalah seperti karies dan penyakit periodontal masih tinggi prevalensinya secara global, termasuk di Indonesia. Di Kota Gorontalo, skor OHI-S remaja mencapai 3,1, yang menunjukkan kebersihan gigi dan mulut yang buruk, dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan, edukasi, dan kebiasaan menyikat gigi yang benar. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Konseling Dengan Metode Motivational Interview (MI) Terhadap Status Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Remaja di Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental dengan rancangan One Group Pre-test Post-test, melibatkan 20 remaja di Kota Gorontalo. Intervensi dilakukan melalui konseling Motivational Interview (MI) selama 4 minggu, dengan instrumen seperti kuesioner pengetahuan, pemeriksaan keterampilan menyikat gigi, dan indeks OHI-S. Data dianalisis menggunakan paired t-test untuk menilai perbedaan signifikan pre dan post. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada pengetahuan dari 5,35 menjadi 12,75, keterampilan menyikat gigi dari 8,4 menjadi 21,05, dan OHI-S dari 3,842 menjadi 1,545 (p=0,000<0,05). Kesimpulan: Konseling MI efektif meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan status kesehatan gigi serta mulut remaja.
References
Harris, R., & Newton, J. (2022). Motivational interviewing for improving oral health behaviors in young people: A narrative review. Community Dental Health, 39(4), 285–292.
Miller, W. R., & Rollnick, S. (2023). Motivational Interviewing: Helping People Change (4th ed.). Guilford Press.
Nur Khamilatusy Sholekhah et al (2023). Upaya Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Masyarakat Di Kelurahan Pongangan Gunungpati Kota Semarang.1(December):66–71.
Orellana, L., Benítez, A., & Farias, A. (2021). Motivational interviewing for oral health behavior change: A systematic review. Community Dentistry and Oral Epidemiology, 49(5), 389–397.
Patel, R., & Garcia, L. (2023). Effectiveness of motivational interviewing in improving oral hygiene behavior among adolescents: A randomized controlled trial. International Journal of Dental Hygiene, 21(2), 145–152.
Rahman, A., Yusuf, R., & Hakim, M. (2021). Effectiveness of school-based oral health education in improving adolescents’ motivation and behavior. Journal of Oral Health Promotion, 7(2), 45–52.
Riskesdas. (2018). Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Santos, L., & Pereira, A. (2023). Psychological determinants of oral health behavior among adolescents: A systematic review. International Journal of Pediatric Dentistry, 33(1), 12–21.
Sari, D. P., Nurhayati, A., & Wibowo, H. (2022). Efektivitas Motivational Interviewing terhadap Perilaku Kebersihan Gigi dan Mulut pada Remaja Sekolah Menengah. Jurnal Kesehatan Gigi Indonesia, 11(2), 85–94.
Silva, A. M., Rodrigues, L., & Carvalho, R. (2021). Effectiveness of motivational interviewing on periodontal treatment adherence: A systematic review. Journal of Clinical Periodontology, 48(7), 912–920.
Suparjiya AH, Sa’adah N (2021). Drawing Art with Motivational Interviewing to Solve the Social Skills Problems of Teenagers at SMP 1 Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Ilomata Int J Soc Sci. Apr;2(2):92–104.
Thompson, L., White, S., & Patel, R. (2022). The effectiveness of motivational interviewing for improving preventive health behaviors among adolescents: A meta-analysis. Journal of Adolescent Health, 70(4), 612–620.
Ulliana, Djamil, M., Santoso, B., Suwondo, A., Sukendro SJ (2022). Effect of Motivational Interviewing Counseling Model On Toothbrushing Practice Among Adolescents. J Appl Heal Manag Technol. 4(3):46–52.
World Health Organization. (2016). Oral health in adolescents: A global overview. WHO Press.
World Health Organization. (2022). Global oral health status report 2022: Towards universal health coverage for oral health by 2030. WHO Press
Copyright (c) 2025 Nur Alifya R. Rahmin, Irwan Irwan, Chairunnisah J. Lamangantjo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1.png)





