Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Inovasi Desa (PID) di Desa Lipu Kecamatan Kadatua Kabupaten Buton Selatan

  • Abdul Majid Universitas Dayanu Ikhsanuddin, Baubau
  • La Ode Muhammad Arsal Universitas Dayanu Ikhsanuddin, Baubau
  • Wa Ode Arsyiah Universitas Dayanu Ikhsanuddin, Baubau
Keywords: Program, Inovasi, Desa

Abstract

Desa dengan keidentikanya akan keterbelakangan serta penumpukan angkatan kerja produktif yang menganggur. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menghadirkan program inovasi desa (PID). Secara teoritis hadirnya PID merupakan upaya dalam menuntaskan problem ketimpangan serta kemiskinan khususnya di Desa. Penelitian ini secara spesifik ingin melihat sejauh mana implementasi serta angka keberhasilan program PID di Desa Lipu. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif yaitu dengan mendiskripsikan fakta-fakta serta hubungan antara fenomena yang diteliti, termasuk hubungan kegiatan, sikap, pandangan serta proses yang sedang dilakukan dan pengaruh dari fenomena untuk menentukan hubungan tertentu antara suatu gejala dengan gejala lain. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Inovasi Desa (PID) di Desa Lipu Kecamatan Kadatua Kabupaten Buton Selatan belum dilakukan dengan maksimal, yakni kualitas dan kuantitas masyarakat partisipasi masyarakat yang mulai menurun, baik dari mengikuti kegiatan langsung maupun dalam pengambilan keputusan.

References

Anwas, M Oos. 2014. Pemberdayaan Masyarakat Di Era Global. Bandung: CV Alfabeta

Anwas, O. M. (2013). Pemberdayaan masyarakat di era global. Alfabeta.

Zubaedi, M. A. (2014). Pengembangan masyarakat: wacana dan praktik. Kencana.

Nurcholis, H. (2011). Pertumbuhan dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa: Jakarta. Penerbit Erlangga.

Suharto, Edi. (2014). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Morissan. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nurgiarta, D. A., & Rosdiana, W. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Inovasi Desa (PID) di Desa Labuhan Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan. Publika, 7(3).

Herman, H. (2019). Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Desa Ulidang Kecamatan Tammerodo Kabupaten Majene. GROWTH Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(1), 75-98.

Sururi, A. (2015). Pemberdayaan masyarakat melalui program pembangunan infrastruktur perdesaan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak. Sawala: Jurnal Administrasi Negara, 3(2).

Herman, H. (2019). Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Desa Ulidang Kecamatan Tammerodo Kabupaten Majene. GROWTH Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(1), 75-98.

Peraturan Perundang-Undangan

Kepmen Desa, PDTT RI No 48 Tahun 2018 tentang pedoman umum program inovasi Desa (PID).

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2007 Tentang Kader Pemberdayaan Masyarakat.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi
Published
2023-06-30
How to Cite
Majid, A., Arsal, L. O., & Arsyiah, W. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Inovasi Desa (PID) di Desa Lipu Kecamatan Kadatua Kabupaten Buton Selatan. urnal romotif reventif, 6(3), 519-527. https://doi.org/10.47650/jpp.v6i3.828