Rancang Bangun Alat Pengering Dan Pengupas Kulit Kacang Hijau Menggunakan Arduino Uno Dan Sensor Termocouple

  • Nursuci Putri Husain Universitas Islam Makassar
  • Junaedy Junaedy
  • Arwinsa Arwinsa Universitas Islam Makassar
  • Munawar Soasiu Universitas Islam Makassar

Abstrak

Tanaman kacang hijau adalah sejenis tanaman budidaya dan palawija. Kacang hijau awalnya berasal dari india dan menyebar keberbagai negara asia tropis termasuk di indonesia, kacang hijau dikenal luas didaerah Tropika dan tumbuhan kacang hijau termasuk suku polongan (Fabaceae) ini memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Budidaya kacang hijau biasa mengalami kendala pada proses pengeringan dan pengupasan kulit kacang hijau. Kacang hijau memiliki kadar air yang tinggi, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengeringkannya. Kulit kacang hijau cukup keras sehingga proses pengupasan bisa menjadi sulit dan memakan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk membuat alat pengering dan pengupas kulit kacang hijau otomatis menggunakan arduino uno agar memudahkan para petani untuk mengelola hasil pasca panen tanaman kacang hijau. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah R&D(Research and Development). R&D adalah proses atau langkah pengembangan produk baru atau meningkatkan produk yang sudah ada. Alat pengering dan pengupas kulit kacang hijau otomatis menggunakan arduino uno dimana dimulai dengan adaptor sebagai tempat masuknya arus listrik. Mikrokontroler pada penelitian ini adalah Arduino Uno. Dari hasil pengujian di dapatkan kesimpulan semua komponen aktif sesuai dengan fungsinya dan alat ini berhasil mengeringkan dan mengupas kulit kacang hijau dengan baik.

Referensi

Husain, Nursuci Putri. 2021. “Perancangan Sistem Manajemen Penjualan Motor Cash Dan Credit Berbasis Web (Studi Kasus Pada Toko Raya Motor Kota Parepare).” ILTEK : Jurnal Teknologi 16(2): 95–102.

Nasrum, M Anas. 2018. “Rancang Bangun Alat Pengering Dan Pengupas Kulit Kacang Hijau Berbasis Mikrokontroler.” Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin: Makassar, 1–20.

Wan Arfiani Barus, Hadriman Khair, Muhammad Anshar Siregar. 2017. “Respon Pertumbuhan Dan Produksi Kacang Hijau (Phaseolus Radiatus L.) Akibat Penggunaan Pupuk Organik Cair Dan Pupuk Ts” 19 (1): 1–11.

Muhammad, Ulil Amrin. Rancang Bangun Mesin Pengupas Kacang Tanah Dengan Menggunakan Penggerak Motor Listrik. Diss. Universitas Muhammadiyah Mataram, 2019.

Yanto, A A, and H Sukma. 2021. “Perancangan Mesin Pengupas Kulit Kacang Tanah.” Jurnal Ilmiah Teknik Mesin 9 (1): 1–8. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/jitm/article/view/2475%0Ahttps://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/jitm/article/download/2475/1794.

Widodo, Yohanes Bowo, Tata Sutabri, and Leo Faturahman. "Tempat sampah pintar dengan notifikasi berbasis iot." Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer 5.2 (2019): 50-57.

Sosiawati, Emma. 2019. “Aspek Teknik Dan Kelayakan Usaha Pengeringan Ikan Teri (Stolephorus Sp) Di Desa Ambesia Selatan Kecamatan Tomini Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi.” Jurnal Pengolahan Pangan 4 (2): 39–44. https://doi.org/10.31970/pangan.v4i2.28.

Naim, Muhammad. "Rancangan Sistem Kelistrikan Plts Off Grid 1000 Watt Di Desa Loeha Kecamatan Towuti." Vertex Elektro 12.1 (2020): 17-25.

Amran, Annisa Fatin, Achwil Putra Munir, and Lukman Adlin Harahap. 2017. “Rancang Bangun Alat Pengupas Kulit Tanduk Kopi Mekanis.” Keteknikan Pertanian J.Rekayasa Pangan Dan Pert 5 (1): 149–55.

Sulaiman, S. 2020. “Rancang Bangun Alat Pengupas Bawang Merah Dengan Memakai Motor Listrik 1, 4Hp.” https://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1546%0Ahttp://repository.ummat.ac.id/1546/1/COVER-BAB III.pdf.

Fathun, M. Pd. Mesin Bensin Kendaraan Ringan: Mirra Buana Media. Diandra Kreatif, 2020.

Muqdamien, Birru, et al. "Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun." Intersections 6.1 (2021): 23-33.

Murniasih, R., Andayani, H.S.N., Puspita, R. (2021). Analisis Proses Mekanis dan Kimiawi untuk mengurangi sulitnya mengelupas kulit kacang hijau. Jurnal Entropi, 4(1), 27-35.

Diterbitkan
2023-07-24
Bagian
Articles