Uji Aktivitas Antioksidan Pada Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia.L) Dengan Metode FRAP (Ferric Reducing Antioxidant Power)

  • Wa Ode Syafriah Politeknik Baubau
  • Muhammad Tasjiddin Teheni Politeknik Baubau
  • Ratih Nurwanti Politeknik Baubau
Keywords: Antioksidan, metode FRAP, Mengkudu (Morinda citrifolia L.)

Abstract

Antioksidan adalah zat yang dapat mencegah atau memperlambat kerusakan sel akibat radikal bebas. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui aktivitas antioksidan pada buah mengkudu (Morinda citrifolia L) Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experimental research) laboratorium yang dilakukan pada bulan September – Oktober tahun 2021 bertempat di Laboratorium Farmasi, Universitas Haluoleo Kendari. Dari data Analis Kualitatif Aktivitas Antioksidan Ekstrak Buah Mengkudu (Morinda citrifolia L) dengan Metode FRAP. Larutan sampel ditambahkan reagen FRAP. Campuran dihomogenkan dan di panaskan pada suhu 37oC selama 30 menit. Hasilnya di tandai dengan adanya perubahan warna menjadi warna biru. Untuk Penentuan Panjang Gelombang Serapan Maksimun Setelah dilakukan estimasi frekuensi, diperoleh hasil absorbansi sebesar 1,597 pada frekuensi 595 nm, dan dari data Analisis Kuantitatif Aktivitas Antioksidan Ekstrak Buah Mengkudu (Morinda citrifolia L) dengan Metode FRAP maka Kapasitas aktivitas Antioksidan Ekstrak Buah Mengkudu sebesar 7,17 mg Tr/gr ekstrak. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Terdapat aktivitas antioksidan ekstrak buah mengkudu (Morinda citrifolia L) yang ditandai dengan perubahan warna dari tidak berwarna menjadi warna biru dan Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka diketahui hasil uji aktivitas antioksidan dengan nilai rata-rata aktivitas antioksidan sebesar 7,17 mg Tr/gr ekstrak.

References

Aryadi, I.G.A.I.P., 2014. Pengaruh ekstrak daun mengkudu (Morinda citrifolia L.) terhadap Pertumbuhan Staphylococcus aureus Sebagai penyebab abses periodontal secarain vitro. Skripsi. Universitas Mahasaraswati Denpasar: Denpasar.

Babbar, N., Oberoi, H. S., Sandhu, S. K., Bhargav, V. K. 2014. Influence of Different Solvents in Extraction of Phenolic Compounds from Vegetable Residues and Their Evaluation as Natural Sources of Antioxidants. Springer 51(10): 2568-2575.

Hasnelly dan Yudi, G., 2018, Pengaruh Perbandingan Sari Buah Mengkudu (Morinda citrifolia. L) dan Filtrat Daun Rambutan (Nephelium lappaceum. L) Terhadap Karakteristik Minuman Fungsional. Universitas Pasundan : Indonesia. 5 (3) : 197.

Krishnaiah, D., Nithyanandam, R., & Sarbatly, R., 2012, Phytochemical Constituents And Activities of Morindra citrifolia L. InTech.

Nagalingan S., Sasikumar, C.S.& Cherian, K.N., 2013, Morinda citrifolia (noni)- A Detailed Review. lnt. J. Univers. Pharm. Bio Sci.

Prastika., Ike Wanda., 2018. Pengaruh Jus Mengkudu Dalam Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Pada Lansia Di Desa Delopo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Program Studi Keperawatan STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun.

Puspayanti, P.R., R.P. Ariani., dan Damiati., 2014. Studi Eksperimen Pemanfaatan Buah Mengkudu Menjadi Dodol Beraroma Vanili Dan Daun Pandan. E- Journal Universitas Pendidikan Ganesha. Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.Vol X : 1-11.

Refilda., Yefrida., dan Nor Ashikin., 2015. Validasi Metoda Frap Modifikasi Pada Penentuan Kandungan Antioksidan Total Dalam Sampel Mangga dan Rambutan. Universitas Andalas Jurusan Kimia FMIPA Unand. 8 (2) : 170-171.

Sari, Cici Yuliana., 2015, Penggunaan Buah Mengkudu (Morinda Citrifoliya) Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi. Juke. Kedokteran .Unila.Ac.

Syarif, S., Kosman, R., Inayah, N., 2015. Uji Aktivitas Antioksidan Terong Belanda (Solanum betaceum Cav.) Dengan Metode Frap. Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia. Vol 07 (01): Hal. 26-33.

Widyastuti, Niken. 2010. Pengukuran Aktivitas Antioksidan dengan Metode CUPRAC, DPPH and FRAP serta Korelasinya Dengan Fenol dan Flavonoid pada Enam Tanaman. Bogor: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB.
Published
2023-06-19
How to Cite
Syafriah, W. O., Teheni, M., & Nurwanti, R. (2023). Uji Aktivitas Antioksidan Pada Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia.L) Dengan Metode FRAP (Ferric Reducing Antioxidant Power). urnal romotif reventif, 6(3), 452-457. https://doi.org/10.47650/jpp.v6i3.823