Uji Kadar Alkohol Dan Vitamin C Pada Nira Murni Pohon Aren (Arenga Pinnata) di Kota Baubau

  • Rizky Rahmawati Alami Politeknik Baubau
  • Ratih Nurwanti Politeknik Baubau
  • Sri Yolandari Politeknik Baubau
  • Wiwin Munawarti Politeknik Baubau
Keywords: Arenga pinnata, alkohol, vitamin C, Spektrofotometri UV-Vis, Titrasi Iodimetri

Abstract

Nira merupakan cairan yang keluar dari bunga kelapa atau pohon yang mampu menghasilkan Nira. Nira ini merupakan bahan baku untuk membuat gula. Tujuan dari penelitian ini yaitu mencari tahu kadar alkohol dan vitamin C pada Nira murni yang dihasilkan oleh pohon aren (Arenga pinnata) yang disimpan selama 1 dan 3 hari. Metode yang dipakai yaitu metode spektrofotometri UV vis dan titrasi iodimetri. Hasil penelitian uji kadar alkohol dalam Nira yang disimpan dengan waktu 1 hari yaitu 0,218 g/dL dengan presentase kadar sebesar 15,236% dan untuk nira yang disimpan selama 3 hari yaitu 0,253 g/dL dengan presentase kadar sebesar 17,681%. Untuk hasil uji kadar vitamin C pada Nira yang disimpan selama 1 hari yaitu 0,1818 mg/gram dan untuk nira yang disimpan selama 3 hari yaitu 0,2464 mg/gram. Berdasarkan penelitian yang dilakukan nira yang disimpan selama 3 hari Memiliki kadar alkohol dan juga Vitamin C yang lebih besar dari pada Nira yang disimpan selama satu hari.

References

Juwita L. P, Khanifah F, Rahmawati M. H. 2020. Kadar Alkohol Pada Air Nira Berdasarkan Penambahan Susu dan Tanpa Penambahan Susu; Jombang. Stikes Insan Cendekia Medika.

Kusmira. 2018. Mikrobiologi Pangan 1; Jakarta. Gramedia Utama Pustaka

Gusti, diah, 2010, Isolasi gasohol dari limbah nira aren (Arenga pinnata merr). Jurnal Penelitian Kelapa. Vol.2 N0.2.

Madiyah S. 2017. Pengaruh Lama Pemanasan Terhadap Kadar Alkohol Pada Nira Siwalan (Borasus Klabellifer). The Journal of Muhamadiyah.

Iskandar Y. 2012. Penentuan Konsentrasi Alkohol dalam Tapai Ketan Hitam Secara Piknometri Berdasarkan Lama Waktu Fermentasi; Bandung. Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran Jatinangor.

Peraturan Presiden Nomor 74 Tahun 2013 tentang Pengendalian dan Pengawasan Minuman Berakohol.

Harmawan T, Azhari MF, Yusak Y. 2019. Penentuan Kadar Alkohol pada Air Nira Aren di Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang Berdasarkan Lama Waktu Penyimpanan pada Suhu Ruang dengan Metode Gravimetri. Jurnal kimia sains dan terapan. Vol 1(2). Hal 14.

Lempang M, Mangopang AD. 2012. Efektivitas Nira Aren sebagai Bahan Pengembang Adonan Roti. Jurnal Penelitiann Kehutanan Wallacea. Vol 1(1); 26-35.

Cakrawati, Dewi. 2012. Bahan pangan, gizi dan kesehatan; Bandung. Alfabeta.

Iskandar D. 2017. Perbandingan metode spektrofotometri uv-vis dan iodimetri dalam penentuan asam askorbat sebagai bahan ajar kimia Analitik mahasiswa jurusan teknologi pertanian berbasis Open-ended experiment dan problem solving. Jurnal Teknologi Technoscientia. Vol 10(1); Hal 67.

Suci, A. S. (2020). Analisa Kadar Alkohol Minuman Tuak Berdasarkan Lama Penyimpanan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya).

Ramadhan, M. (2022). Hubungan tekstur dan warna tomat dengan kandungan Vitamin C tomat (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Fauziah, W. N. (2015). Uji aktivitas antimikroba ekstrak etanol daun, kulit dan biji kelengkeng (Euphoria longan L.) terhadap pertumbuhan Saccharomyces cerevisiae dan Lactobacillus plantarum penyebab kerusakan nira siwalan (Borassus flabellifer L.) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Nahak, B. R., Aliah, A. I., & Karim, S. F. (2021). Analisis Kadar Alkohol pada Minuman Beralkohol Tradisional (Arak) dengan Metode Spektrofotometri UV-Vis: Analysis of Alcohol Content in Traditional Alcoholic Beverages with UV-Vis Spectrophotometry Method. Jurnal Sains dan Kesehatan, 3(4), 448-454.

Mardiyah, S. (2018). Pengaruh lama pemanasan terhadap kadar alkohol pada nira siwalan (Borassus flabellifer). The Journal Of Muhammadiyah Medicl Labortory Technologist, 1(1), 9-15.
Published
2023-02-08
How to Cite
Alami, R. R., Nurwanti, R., Yolandari, S., & Munawarti, W. (2023). Uji Kadar Alkohol Dan Vitamin C Pada Nira Murni Pohon Aren (Arenga Pinnata) di Kota Baubau. urnal romotif reventif, 6(1), 81-89. https://doi.org/10.47650/jpp.v6i1.659